Banyak illustrator yang terbiasa bekerja dari rumah, tapi beberapa yang lain mungkin merasakan transisi yang sulit. Coba beberapa tips ini untuk tetap fokus dan kreatif.

Bekerja di rumah bukan berarti Anda tidak bisa seproduktif dan sekreatif seperti bekerja di studio atau kantor. Malah bisa jadi kesempatan bagus untuk meningkatkan keahlian dan membangun aliran pendapatan yang baru.

Kami akan memberikan panduan lengkap untuk para illustrator supaya bisa menghasilkan uang dari rumah. Anda akan memilih tips yang sudah teruji untuk memastikan pendapatan dan creative development agar terus berlanjut untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

3 poin strategi untuk menghasilkan uang dari rumah

Dengan banyaknya orang yang bekerja dari rumah, sudah pasti bahwa bisnis memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan situasi yang ada sekarang. Bahkan klien Anda tidak mengejar-ngejar proyek seperti biasanya, Anda bisa mengatur pekerjaan dan strategi kreatif untuk tetap mendapat penghasilan dan tetap terinspirasi dan kreatif juga.

Artikel ini membahas 3 strategi yang akan membantu Anda mendapatkan penghasilan dalam jangka pendek dan jangka panjang, sekaligus mengembangkan kemampuan ilustrasi Anda.

Untuk memaksimalkan potensi pendapatan Anda selama beberapa minggu dan bulan mendatang, cobalah menyusun progress pekerjaan Anda dalam 3 strategi ini:

Prepare: Gunakan sebagian waktu Anda untuk mempersiapkan masa depan, dengan memperbarui porfolio Anda dan menambah peralatan kerja dan ruang kerja.

  Create: Berusaha untuk meningkatkan kualitas dan mencapai target pekerjaan Anda, dengan mengasah keahlian yang Anda punya dan mencoba hal baru.

Contact: Cari sumber-sumber pendapatan baru, mulai dari menjual produk ilustrasi secara online hingga mengajar kelas online, dan hubungi klien yang potensial maupun yang sudah ada.

Temukan bagaimana Anda bisa menerapkan 3 poin strategi untuk pekerjaan Anda secara rinci di bawah ini.

1. Prepare

Perbarui portfolio Anda

Ketika waktu deadline mundur dan waktunya singkat, memudahkan Anda untuk meng-update portfolio.

Buatlah situs untuk portfolio yang menarik dan pastikan bisa ditelusuri. Fokus pada keywording images dan tingkatkan SEO dengan membuat artikel contohnya. Hubungkan ke akun sosial media dan promosikan situs Anda di Twitter, Facebook, dan Linkedin.

Tambah peralatan kerja dan ruang kerja Anda

“An artist is only as good as their tools.”

Meskipun Anda mungkin ragu untuk berinvestasi secara finansial pada bisnis Anda saat ini, sebenarnya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan sedikit pembenahan.

Cari pilihan software dan hardware baru. Sekarang mungkin Anda punya waktu untuk mencoba trial-nya dan beralih dari software/hardware lama.

Membersikan komputer Anda dan menghapus beberapa file yang sudah diperlukan lagi juga bisa membantu Anda untuk lebih produktif dan efisien. Begitu juga dengan menambah cloud storage dan peralatan yang lebih bagus, seperti drawing tablets dan pens.

Meja kerja atau meja dapur yang seringkali berantakan, bisa Anda gunakan menjadi ruang kerja dimana Anda bisa merasa terinspirasi dan semangat bekerja.

 

2. Create

Asah kemampuan Anda

Luangkan waktu untuk memperbaiki key area dari karya ilustrasi Anda, dan berusaha mencari kesempatan pada klien untuk menjadi lebih baik pada apa yang Anda kerjakan.

Jika Anda belajar seni atau ilustrasi, pelajari materi-materi lama dan temukan proses kreatif yang dulu diajarkan. Jika Anda belajar secara otodidak, ada banyak online course seperti Skillshare dan Udemy untuk membantu menambah keahlian.

Keluarlah dari zona nyaman 

Kita sering melakukan sesuatu yang sudah menjadi sebuah kebiasaan, dan freelance creatives sering menjadi penyebab buruk untuk tidak mengembangkan diri secara profesional.

Jelajahi gaya, media, dan konsep baru. Anda mungkin menemukan bahwa collage, vector, atau desain lettering tidak hanya menjadi penghasilan yang potensial, namun juga menjadi stimulasi kreatif yang baru.

Perhatikan Tren Komersil

Selalu ada argumen untuk tetap bertahan pada gaya ilustrasi Anda, tapi dengan memiliki target untuk ilustrasi komersil sangat bisa membantu untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Memantau apa yang akan jadi tren, dan mengadaptasi pekerjaan Anda baik pada subyek dan gaya bisa bermanfaat untuk stock contributors dan editorial illustrators.

Stock contributors harus memperbaiki karyanya untuk memastikan pencarian yang lebih tinggi. Membuat pekerjaan Anda lebih topikal bisa mendapatkan manfaat secara langsung, terutama jika tujuan anda untuk themes dan trends majalah dan blogs yang mungkin dibahas dalam beberapa bulan mendatang.

Tandai Shot List dan kunjungi setiap bulannya untuk menemukan subyek yang diminati oleh para pelanggan Shutterstock. Gaya ilustratif yang sedang tren juga membantu mengadaptasi estetika karya Anda agar menarik untuk audiens yang lebih besar.

 

3. Contact

Bagikan keahlian Anda

Apakah Anda punya illustrative skill atau teknik yang dibanggakan? Entah dalam menggambar wajah atau membuat kaligrafi, keahlian Anda ini bisa menghasilkan uang melalui online course.

Yang Anda butuhkan adalah microphone, Quicktime untuk merekam, dan video editing software seperti Premier Pro. Kalau Anda ingin mengajarkan hand drawn illustration, Anda juga akan memerlukan kamera, tripod, dan pencahayaan yang bagus di ruang kerja Anda.

Keluarkan Produk

Beberapa situs sepertu Redbubble dan Society6 memudahkan illustrator untuk mengaplikasikan desainnya kedalam home and lifestyle products, dari shower curtains sampai case handphone. Anda bisa mencoba menggunakan hasil karya ilustrasi kedalam produk yang bisa dijual. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Hubungi klien dan calon klien

Dengan bisnis yang mulai beralih ke remote working, terkadang komisi untuk ilustrator tidak terlalu dihiraukan oleh klien.

Tetapi sebagai individu yang beradaptasi dengan remote working, perputaran bisnis akan kembali seperti semula. Jadi, penting bagi klien untuk tahu bahwa Anda tetap available dan efisien seperti sebelumnya. Jika Anda belum menghubungi klien, cobalah untuk menghubungi klien dengan mengirimkan email, dan meyakinkan mereka bahwa Anda available untuk bekerja ketika mereka membutuhkan. Tingkatkan profesionalisme dari email yang Anda kirim dengan membuat template email yang menarik.

Ketika Anda ada sedang berada di antara deadlines adalah saat yang tepat untuk membuka kesempatan dan menambah kumpulan klien potensial Anda.

Linkedin adalah sumber yang bagus untuk menemukan klien baru dan perusahaan yang terhubung dengan klien yang ada atau yang berada di bidang yang serupa. Apakah Anda selalu ingin untuk membuat ilustrasi untuk majalah atau blog tertentu? Karena portfolio Anda sudah terlihat lebih bagus, sekarang mungkin waktu yang tepat untuk membagikannya.

Membuat profil di situs freelance juga memungkinkan Anda untuk bersaing dalam skala global dengan menjangkau ribuan bisnis. Kemampuan untuk verify profile dan menambahkan testimonial dari klien juga membantu Anda untuk membangun kepercayaan dengan klien.

Bekerja dari rumah bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi juga bisa menghasilkan peluang.

Siapkan penghasilan masa depan Anda dengan meluangkan waktu untuk memperbaiki portfolio, peralatan, dan ruang kerja. Belajar lebih banyak skill dan spesialisasi dengan mengasah keahlian dan mengkomersilkan karya Anda. Akhirnya, hubungi calon audiens baru dengan mengadaptasi pekerjaan anda ke eCommerce, teaching, atau memaskarkan layanan anda ke klien baru.

Leave a comment