Apakah Anda seorang kreatif yang bekerja dari rumah untuk pertama kalinya? Kami punya beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap fokus, terinspirasi, dan terhubung dalam situasi karantina seperti ini.

Dalam beberapa minggu terakhir, banyak perusahaan telah memberlakukan kebijakan work-from-home bagi karyawan untuk menghindari penyebaran virus corona (covid-19). Kebijakan ini ternyata membawa berkah kepada industri kreatif khususnya tenaga outsourcing seperti freelancer.

Bekerja dari rumah vs. bekerja di kantor

Untuk para mereka yang berprofesi di bidang kreatif, ada manfaat yang berbeda yang dirasakan dengan bekerja dari rumah maupun di kantor: Ketika Anda bekerja di kantor, Anda bisa berkolaborasi dan bertukar pikiran dengan mudah. Hal ini sulit dilakukan jika Anda bekerja dari ruma, namun dengan begitu Anda akan terdorong untuk mencari sumber inspirasi lain ketika kehabisan ide.

Jika Anda masih sulit beradaptasi dengan praktik WFH ini, kami punya beberapa tips yang dapat membuat Anda tetap termotivasi dan stay on the track dalam menghasilkan karya kreatif.

1. Tahan keinginan untuk langsung bekerja saat baru bangun

Ketika Anda tidur di samping ponsel yang menghubungkan langsung ke pekerjaan Anda lewat aplikasi komunikasi sepert: Slack atau Google Hangouts, Anda bisa tergoda untuk langsung terjun ke dalam pekerjaan saat Anda bangun. Hal ini  memberikan Anda sedikit waktu untuk bernafas dan bangun. Selain itu, Anda terpaksa langsung beralih dari pola pikir istirahat ke pola pikir bekerja. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas berpikir kita terutama dalam membuat keputusan, yang tentunya sangat penting dalam berkreasi.

Oleh karena itu, sebaiknya atur alarm seperti yang Anda lakukan jika bepergian ke kantor untuk bekerja. Kemudian, buatlah sebuah rutinitas di pagi hari yang dapat bermanfaat untuk diri Anda.

Seperti mandi, memakai pakaian yang membuat Anda lebih berenergi,  membuat kop, membaca buku, melakukan sedikit yoga, baru kemudian perlahan-lahan menuju ke meja kerja untuk memulai hari. Lakukan apa pun yang sesuai untuk Anda, namun kembangkan rutinitas yang memulai hari dan menempatkan Anda ke dalam sebuah pola pikir kreatif sebelum terjun langsung ke pekerjaan.

2.Berpakaianlah seperti Anda pergi bekerja

Wajar jika Anda ingin merasa senyaman mungkin dengan bekerja dari rumah, terutama dalam hal berpakaian, Namun, memakai pakaian rumah yang kurang rapi (seperti pakaian tidur) sepanjang hari akan membuat Anda terlalu enggan untuk beraktifitas.

Jika Anda mau mengubah energi ini adan hanya perlu berpakaian seperti Anda ke kantor. Tidak harus terlalu rapi, tetapi cukup padukan kemeja bersih, celana panjang yang nyaman, ini cukup untuk membuat Anda merasakan energi yang berbeda. Selain Anda akan merasa seolah-olah telah keluar dari rumah dan pergi ke kantor, rekan kerja  Anda juga akan lebih menghargai Anda yang  terlihat profesional dan siap untuk beraktifitas saat melihat penampilan Anda lewat layar untuk meeting on-line. Pakaijuga aksesori-aksesoris kesayangan Anda untuk membuat gairah kreatif mengalir.

3. Bersihkan inbox email Anda dan singkirkan notifikasi apapun

Sebelum mulai bekerja, luangkanlah waktu sejenak untuk menghapus email di inbox. Terkadang saat Anda bekerja dari rumah, Anda akan bekerja dengan klien dan rekan kerja dari seluruh dunia yang mungkin telah memulai hari mereka terlebih dahulu sebelum Anda mulai beraktifitas. Luangkan waktu untuk membalas pesan, membintangi, mengarsip, dan menghapus beberapa email dari hari sebelumnya.

Lakukan hal yang sama untuk notifikasi di ponsel atau aplikasi apapun yang Anda gunakan di tempat kerja. Hal ini dapat membantu Anda untuk mulai berpikir kreatif dan bekerja pada proyek-proyek baru atau yang sudah ada, tanpa khawatir tentang apapun yang membutuhkan perhatian Anda secara tiba-tiba.

4.  Siapkan ruang kerja yang profesional

Buat ruang kerja yang terasa seperti Anda telah keluar dari kehidupan rumah sehari-hari, dan mulai bekerja. Bisa dipahami jika Anda mungkin tidak memiliki ruang kantor di rumah Anda, atau bahkan ruangan yang dapat ditutup pintu dan kuncinya. Namun, Anda mungkin memiliki ruang favorit yang bisa menginspirasi.

Buat suasana ruangan tersebut lebih bergairah seperti dengan menyalakan lilin dengan aroma favorit Anda, sebotol air untuk membantu tetap terhidrasi, tanaman untuk menambahkan sedikit oksigen ke udara, dan notepad dan pena favorit Anda. Ruang itu mungkin terlihat sangat berbeda, dan tidak apa-apa. Temukan ruang di mana Anda merasa fokus dan nyaman, yang terasa profesional dan dapat membawa Anda ke mode kerja daripada mode rumah.

5. Fasilitas kantor? Selamat datang di fasilitas rumah 

Perasaan takut untuk tertinggal bisa juga terjadi  ketika bekerja dari rumah. Takut ketinggalan pertemuan bersama tim, makan siang di kantor, atau mungkin bermain ping pong. Tapi bekerja dari rumah juga ada nilai lebihnya. Salah satunya adalah waktu untuk dirimu sendiri. Daripada cuma mendapatkan satu jam istirahat di siang hari, kamu bisa ambil istirahat sejenak selama lima menit untuk mengatur ulang kreatifits Anda disaat rapat.

Jika Anda merasa buntu, istirahat sejenak dapat membantu Anda. Lakukan satu menit meditasi, lima menit yoga, atau sekedar mengajak anjing Anda berkeliling komplek. Keluar sejenak dari pekerjaan agar bisa fokus kembali kepada pekerjaan yang perlu Anda selesaikan. Saat Anda mungkin tidak dapat hadir di acara kantor, bekerja dari rumah juga memberikan keuntungan tersendiri.

6. Tuliskan tujuan Anda sehari-hari

Mebuat daftar tugas dan aktifitas dapat memotivasi diri sendiri. Mungkin butuh berjam-jam sebelum Anda dapat berbicara dengan seorang rekan. Atau, mungkin Anda bekerja sepenuhnya sendiri. Membuat daftar dan kemudian menurutkannya dari yang paling prioritas, dapat lebih memotifasi diri Anda. Anda bahkan dapat memisahkannya ke dalam tugas-tugas yang penting, tugas yang dilakukan, dan tugas yang perlu dilakukan segera.

Daftar tugas adalah cara terbaik bagi Anda untuk mengecek apa yang Anda lakukan dan memotivasi diri Anda untuk terus maju. Seringkali, kita lupa betapa banyak pekerjaan yang kita lakukan dalam sehari ketika kita bekerja dari rumah. Seringkali, kita lupa betapa banyak pekerjaan yang kita lakukan dalam sehari ketika kita bekerja dari rumah. Jangan takut untuk menyimpan daftar hal-hal yang sudah Anda capai dalam sehari. Saya jamin pastinya mungkin lebih dari yang Anda pikirkan.

7.  Berkomunikasi online dengan rekan kerja dan sesama freelancers

Satu hal yang akan Anda alami ketika bekerja dari rumah adalah Anda tidak akan benar-benar memiliki teman untuk sekedar bercanda atau teman untuk menghabiskan waktu istirahat seperti pada saat Anda di kantor.

Jika Anda menciptakan lingkungan kerja Anda dari rumah, siapkan cara untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Gunakan aplikasi seperti Slack atau Basecamp untuk tetap terhubung dengan rekan kerja. Jangan takut untuk sekedar mengirim meme lucu untuk membangun hubungan, atau bahkan hubungan jarak jauh dengan rekan kerja di luar negeri.

Jika Anda adalah seorang freelancer dan tidak memiliki sebuah tim, lakukan pencarian disebuah grup freelancers dan Anda dapat menjadi anggota dialamnya untuk industri kreatif Anda. Seringkali ada beberapa perkumpulan atau beberapa sumber untuk berbagi tips-tips agar tetap termotivasi, terhubung, dan membangun bisnis. Ini juga cara yang bagus untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang sama bersemangatnya seperti Anda, dan ingin membantu Anda mencetuskan ide-ide kreatif.

8. Jika Anda kesulitan untuk fokus, mintalah bantuan

Anda mungkin membaca ini karena Anda sementara diminta untuk bekerja dari rumah, kemungkinan besar karena COVID-19. Jika ini benar, maka ini adalah sebuah pengalaman yang akan kalian mulai dan mungkin akan menggelisahkan.

Jika Anda kesulitan untuk tetap terhubung dengan organisasi atau rekan kerja, hubungi tim HR atau rekan kerja untuk meminta saran dan masukan. Meskipun daftar cara terbaik untuk bekerja dari rumah bisa membantu beberapa dari kalian, setiap orang memiliki caranya sendiri dan penting untuk mencari tahu yang terbaik untuk Anda.

Leave a comment