cari image lebih cepat dengan Shutterstock

Saat memerlukan gambar atau vektor di waktu yang sempit dan tidak sempat untuk melakukan photoshoot, stock photo adalah solusinya. Shutterstock memiliki lebih dari 140,000,000 gambar di gallery-nya, yang diupdate sebanyak 1,000,000 gambar setiap minggunya. Dengan jumlah gallery sebesar itu, Shutterstock menjadi one stop solution untuk kebutuhan stock photo, footage dan audio bagi pengguna dan calon pengguna. Namun sayangnya, memerlukan banyak waktu untuk menemukan gambar yang tepat di tengah samudra stock gambar di Shutterstock.

Mencari gambar dengan search engine keywords mungkin efektif untuk menemukan konten yang dimaksud, tapi Shutterstock telah mengembangkan inovasi pada search engine untuk mempercepat dan mempermudah pencarian gambar.

Membutuhkan inspirasi untuk gambar apa yang ingin dicari? Atau membutuhkan gambar yang didominasi warna tertentu? Semua bisa ditemukan jawabannya pada Shutterstock Labs.

Shutterstock Labs memiliki 4 fitur utama, yaitu People, Palette, Instant, dan Spectrum.

 

Shutterstock Labs People

Fitur People pada Shutterstock Labs ini mempermudah dan mempercepat pencarian gambar yang membutuhkan model, khususnya untuk spesifikasi tertentu. Mayoritas brand di Indonesia senang dengan model yang berambut hitam dan mukanya tidak terlalu ‘bule’ namun juga tidak terlalu putih. Alasannya agar brand yang diwakilkan terkesan familiar dengan audiens dari brand tersebut. Untuk alasan tersebut, Shutterstock Labs People wajib dicoba, dibandingkan menggunakan keywords “two young asian eat”. Jangan lupa untuk menentukan jumlah orang yang dikehendaki, etnis, jenis kelaminnya, dan juga umurnya yang paling sesuai dengan target audiens. Etnis terdekat dengan orang Indonesia adalah Southeast Asian.

 

Shutterstock Labs Palette

Fitur Palette pada Shutterstock Labs sangat membantu untuk gambar yang memerlukan warna-warna khusus yang wajib ada disetiap fotonya. Beberapa warna mengandung arti yang berbeda-beda, ada warna yang harus ada karena mungkin saja mewakili brand kamu, atau tidak boleh ada karena mungkin saja mewakili brand kompetitor kamu. Kamu bisa memilih hingga 5 warna dalam 1 palette. Saran kami: jangan lupa masukkan warna hitam atau putih agar gambar yang dicarikan tidak terlalu colorful seperti contoh dibawah ini, dan jangan lupa masukkan keywords aktifitas yang dikehendaki ya. Tidak hanya gambar, vektor dan ilustrasi juga bisa ditemukan di Shutterstock Labs Palette.

Shutterstock Labs Instant

Fitur Instant pada Shutterstock Labs berguna saat kamu sedang kekurangan inspirasi. Ketik satu atau dua huruf pada kolom keywords, Shutterstock akan memberikan banyak saran-saran (suggestions) yang serupa dengan sedang kamu cari, atau yang biasanya juga dicari saat mencari keywords yang sama. Shutterstock Labs Instant juga memiliki metadata yang ringan sehingga kamu bisa terus scroll ke bawah tanpa loading, dan tanpa batasan jumlah image per halaman (infinity scroll). Tips: cari tombol (+) disetiap gambar untuk selanjutnya bisa kamu review lagi di Lightbox.

Shutterstock Labs Spectrum

Fitur Spectrum pada Shutterstock Labs memudahkan kamu untuk mencari layout atau gambar yang memberikan mood tertentu. Fitur Spectrum mencarikan gambar yang didominasi oleh warna yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu memasukan keywords yang dikehendaki dan tarik scroll button, yang ada di sebelah kolom keywords, ke warna yang dinginkan. Di fitur ini, anda juga bisa mencari tombol (+) untuk dilihat lagi kemudian.

Manfaatkan semua fitur pencarian gambar yang dimiliki Shutterstock untuk mempercepat pencarian gambar dan menghemat waktu kamu. Kamu juga bisa menggunakan applications Shutterstock diwaktu senggang untuk sekedar seleksi gambar, yang kemudian bisa dilihat lagi di Lightbox atau Collections.

Leave a comment