Highlight atau Sorotan adalah fitur di Instagram yang memudahkan Anda untuk berbagi inspirasi dan membantu untuk me-maintain engagement dengan followers Anda. Manfaatkan fitur praktis ini dengan sampul Highlight sesuai keinginan Anda.

Instagram Stories Highlight adalah koleksi dari story yang ada pada profil pengguna Insagram. Story yang berakhir dalam 24 jam memungkinkan para pengguna untuk menyiimpan dan mengoleksi kumpulan Story-nya sehingga para followers bisa mengaksesnya kapan saja.

Sebagai contoh adalah Instagram dari Shutterstock. Fleksibilitas dalam penggunaan Highlight menjangkau segala pengguna atau perusahaan mulai dari restoran, start up, sampai influencers. Anda juga bisa membuat kompilasi dari konten-konten berdasarkan produk, services, Q&As, dan topik-topik yang lain.

Baca lebih lanjut tentang Instagram Highlight cover, beserta tips bagaimana cara membuat desain highlight Anda sendiri.

______________________________________________________________________________________________________________________

Highlights Cover berdasarkan Jenis dan Dimensi File

Hal yang cukup krusial untuk diperhatikan dalam pembuatan highlight cover adalah kecilnya ukuran highlight tersebut. Anda perlu memperhatikan jenis dan dimensi dari file yang Anda buat. Dimulai dari ukuran yang tepat sehingga Anda tidak perlu memotong bagian desain yang telah dibuat.

Dimensi untuk highlight sama dengan story yaitu 1080 x 1920 pixels atau dengan rasio 9:16. Walaupun porsi untuk desainnya kecil, namun Anda tetap harus membuatnya sama dengan dimensi story.

Hal yang cukup penting lainnya adalah Anda harus tahu file yang Anda gunakan, idealnya, gunakan highlight dengan file JPG atau PNG. Kelebihan file JPG adalah ukuran file yang lebih kecil dan mudah untuk dibagikan, sedangkan file PNG cukup optimal dalam mempertahankan kualitas gambar.

______________________________________________________________________________________________________________________

Tips untuk membuat Highlights

Manfaatkan fitur ini untuk membantu Anda dalam membuat cover Highlight sesuai dengan keinginan Anda.

1. Style yang sama

Anda bisa menggunakan gambar dari foto, typography, ilustrasi, atau icon, namun pastikan Anda memiliki satu gaya ciri khas untuk semua hightlight cover yang Anda buat. Jika Anda membuat cover yang berbeda, akan mempengaruhi estetika Instagram Anda dan terkesan berantakan.

2. Jelas dan Tepat

Setiap cover highlight terlihat lingkaran kecil dengan gambar di tengahnya, maka dari itu, penting untuk membuat desain yang jelas dan mudah dibaca. Icons atau desain yang simple sangat ideal untuk cover highlight karena mudah terlihat walaupun ukurannya yang kecil

3. Atur Highlights Anda

Anda bisa mengatur jumlah highlight yang digunakan pada profile Instagram Anda. Beberapa akun hanya menggunakan beberapa, sedangkan yang lainnya menggunakan lebih dari 10 highlights. Semakin banyak konten yang Anda punya, semakin banyak cover highlights yang Anda butuhkan. 

4. Masukkan identitas dan gaya brand Anda

Instagram highlight adalah presentasi dari brand Anda, gambar yang digunakan pada setiap highlight harus sejalan dengan identitas dan gaya brand Anda. Kombinasi estetika warna, typography, atau gaya ilustrasi sangat diperlukan, sehingga Anda bisa menggunakan template ini di channel yang lainnya.

______________________________________________________________________________________________________________________

Cara membuat Highlight

Shutterstock menawarkan icons, typography, backgrounds, dan lainnya yang bisa digunakan untuk membuat highlights. Dengan Shutterstock Editor design app, Anda bisa membuat highlight cover dengan mudah dan cepat.

Buka Shutterstock Editor program, lalu pilih Preset Sizes (P) dan scroll down ke Instagram Story. Anda akan mendapatkan ukuran kanvas 1080 x 1920 pixels secara otomatis.

Arahkan ke Search Images (S) untuk menemukan icons untuk highlight cover Anda. Contohnya, dengan search “creative icons” untuk mendapatkan icons yang berkaitan dengan graphic design. Shutterstock menampilkan koleksi icons yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, khususnya Instagram highlight covers. Klik pada gambar lalu pilih Add to Canvas.

Dari sini, Anda perlu untuk memotong (crop) icons set untuk menjadi single icon. Buka bagian Image Tools di sebelah kanan dan pilih Crop icon. Tarik tanda crop pada icon yang Anda inginkan seperti contoh di bawah. Pilih Apply Crop setelah Anda selesai memotong icon.

Ubah ukuran (resize) gambar yang dicrop dengan menarik lingkaran biru ke bagian luar. Tahan tombol Option untuk menjaga gambar tetap pada kanvas. Gunakan menu Alignment untuk mengatur objek ke bagian tengah kanvas.

Untuk meciptakan desain yang seimbang antara icon dan background, pilihlah warna yang senada. Tentukan Background Color di kanan bawah lalu klik pada lingkaran. Pilih Custom dan aktifkan Eyedropper tool. Klik pada background untuk mencocokan hue. Untuk mengunduh desain, pilih Download dan atur File Format di JPG dan Resolution di 72 DPI.

______________________________________________________________________________________________________________________

Cara meng-upload highlight cover 

Jika Anda sudah siap meng-upload highlight cover ke Instagram, cukup simpan gambar ke ponsel lalu gunakan di Instagram Story, lalu pilih Highlight dari panel bagian bawah Story lalu beri judul highlight.

Leave a comment