Langkah-langkah mudah untuk menjual karya fotografi kamu lewat Shutterstock!

Buat yang suka fotografi dan sering banget hunting foto, atau kemana-mana selalu bawa kamera, pasti punya banyak banget koleksi foto yang tersimpan dalam device kamu, entah itu gallery handphone atau gallery di PC atau bahkan di harddisk. Nah, daripada foto-foto itu hanya tersimpan rapi dan hanya memenuhi memory, lebih baik di-uangin aja (monetize) lewat stock photo library / marketplace, supaya bisa jadi penghasilan.

Shutterstock adalah salah satu stock image marketplace terbesar di dunia dengan koleksi yang melebihi 100 juta gambar hasil kontribusi dar 3oo ribu lebih kontributor. Dengan raffic Ranking Shutterstock yang menempati 300 besar dunia, menjadikan peluang gambar atau karya kamu terjual di Shutterstock lebih besar dibandingkan marketplace lainnya.

Menjual atau menguangkan karya kamu lewat Shutterstock sangat mudah dan tanpa dipungut biaya apapun. Selain itu, setiap foto yang tidak memenuhi kriteria juga akan mendapatkan feedback seperti saran atau sugesti art direction dan sebagainya, yang tentunya berguna untuk menambah atau memperkaya pengetahuan dan photography skill  kamu.

Kalau kamu ingin tahu berapa penghasilan yang kira-kira bisa kamu terima setiap ada pembeli yang download karya kamu, kamu bisa lihat dari tabel  keterangan pendapatan (Earnings Breakdown) berikut ini:

Shutterstock punya 2 macam paket dasar untuk pembeli, namanya Subscription dan On Demand. On Demand ini dibagi menjadi 2, yaitu On Demand dengan size S dan M, lalu On Demand dengan Any Size. Diluar paket Subscription dan On Demand, ada satu paket lagi yang disebut dengan Enhanced License Image, ini adalah paket yang memiliki license berbeda dari license lainnya, karena license ini khusus untuk Billboard, penggunaan pada Merchandise, dll.

Kalau dari segi harga, Subscription harga per image nya kurang lebih Rp 6,000/download. Kalau untuk On Demand dengan size S dan M, harga per image nya kurang lebih Rp 54,000/download. Sedangkan untuk On Demand Any Size, harga per image nya kurang lebih Rp 127,000/download. Untuk Enhanced License Image, harganya kurang lebih Rp 1,000,000/download.

Mari simak langkah-langkah yang harus kita lakukan..

  1. Punya account paypal. Kalau belum punya, bisa langsung daftar / Sign Up di website Paypal.
    Karena penghasilannya nanti, akan ditransfer ke account paypal yang didaftarkan.
  2. Registrasikan diri kamu sebagai contributor di Shutterstock, melalui link ini.
  3. Isi data diri dan keterangan yang diperlukan pada laman tersebut, dan selanjutnya konfirmasikan alamat email anda dengan Shutterstock link, dan VOILA! Anda sudah resmi menjadi kontributor Shutterstock.
  4. Upload KTP atau Passport untuk mengkonfirmasi account tersebut
  5. Setelah proses registrasi selesai, seleksi foto-foto yang mau kamu jual, dan perhatikan hal-hal berikut ini:
    1. Setiap foto adalah hasil karya kamu pribadi
    2. Setiap foto yang mengggunakan model (laki-laki, perempuan, maupun anak-anak) harus disertai dengan model release. Model release adalah pernyataan bahwa model tersebut setuju fotonya akan dipakai untuk keperluan marketing pembeli dan selanjutnya tidak akan menuntut apabila fotonya digunakan untuk keperluan marketing pembeli selama masih dalam kriteria Shutterstock.
    3. Tidak ada unsur brand atau trademark dalam foto yang akan diupload. Bisa dilihat dari contoh dibawah ini, tidak ada logo apple yang merupakan brand maupun “home button” dari iPhone yang merupakan trademark yang terdaftar dari iPhone, begitu pula trademark pada Magic Mouse.
  6. Upload foto kamu, sebanyak-banyaknya, dan tunggu konfirmasi dari Shutterstock selama 3-4 hari kerja.
  7. Untuk setiap foto yang telah lolos seleksi, akan langsung masuk pada website Shutterstock. Sedangkan untuk setiap foto yang tidak lolos seleksi, akan diberikan feedback langsung oleh Shutterstock, yang bisa Anda gunakan sebagai saran untuk foto selanjutnya, misalnya blurred, tidak fokus, resolusi kurang, dll. Seleksi dilakukan langsung oleh tim Shutterstock yang sudah berpengalaman dan memiliki karir dibidang fotografi.
  8. Untuk setiap foto yang dibeli, Shutterstock akan mengirimkan keterangan pendapatan yang baru bisa diterima setelah pendapatan terakumulasi minimum USD 200, yang akan ditransfer via Paypal. Lihat gambar dibawah untuk melihat contoh Dashboard Shutterstock Contributor.

Gampang, kan?

Boleh langsung dicoba dan jangan lupa share pengalaman kamu berjualan lewat Shutterstock di kolom comment di bawah ini.

May the odds be ever in your favor!

Leave a comment